Powered By Blogger

Kamis, 18 Maret 2010

naskah lomba essay

BANK NAGARI UNTUK NAGARI

Oleh : Eko Septiady/ SMAN 9 PADANG

Sumatera Barat adalah daerah yang mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat diantaranya dilihat dari sektor pertanian, pendidikan, agama, sosial, budaya, ekonomi, dan perbankan. Masing-masing sektor tersebut memiliki potensi yang mampu membuat Sumatera Barat menjadi lebih baik. Sektor yang mampu membuat pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat menjadi lebih baik yaitu perbankan.

Di Sumatera Barat banyak terdapat bank, baik milik negeri atau swasta, diantaranya Bank Mega, Bank Niaga, Bank Mandiri, Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Nagari. Masing-masing bank tersebut memberikan kelebihan serta fasilitas yang diberikannya kepada nasabah. Oleh karena itu, pada saat ini telah banyak masyarakat yang menabungkan uangnya kepada bank. Karena, apabila menabung melalui bank masyarakat lebih merasa aman, praktis, dan mudah.

Bank Nagari adalah satu-satunya bank daerah yang berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Sumatera Barat. Bank Nagari berpusat di kota Padang. Bank Nagari didirikan pada tanggal 12 Maret 1962 dengan nama PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat. Pendirian tersebut dipelopori oleh Pemerintah Daerah beserta tokoh masyarakaat dan tokoh pengusaha swasta di Sumatera Barat atas dasar pemikiran perlunya suatu lembaga keuangan yang berbentuk Bank, yang secara khusus membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di daerah. Sampai saat sekarang ini Bank Nagari telah tersebar di beberapa kota atau kabupaten di Sumatera Barat bahkan telah ada di kota luar Sumatera Barat, diantaranya Jakarta dan Pekanbaru.

Seiring berjalannya waktu maka PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat berubah nama menjadi Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat dan pada tahun 1996 melalui Perda No. 2/1996 disahkan penyebutan nama “BANK NAGARI” dengan maksud untuk lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat khusus Sumatera Barat. Selain itu, perubahan nama itu juga dimaksudkan agar lebih memperlihatkan bahwa Bank Nagari memang asli dari Sumatera Barat. Saat ini, Bank Nagari telah berstatus Bank Devisa serta telah memiliki Unit Usaha Syariah.

Bank devisa adalah bank memperoleh surat penunjukkan dari Bank Indonesia untuk dapat melakukan kegiatan perbankan dalam valuta asing. Dengan demikian, Bank Nagari yang telah berstatus bank devisa dapat menawarkan jasa-jasa yang berhubungan dengan mata uang asing seperti : transfer uang ke luar negeri, jual beli valuta asing, transaksi ekspor dan impor, dan jasa-jasa valuta asing.

Bank Nagari dengan motto “Bersama Membina Citra Membangun Negeri”. Membina Citra, merupakan keinginan untuk menciptakan citra diri yang positif dengan memberikan pelayanan yang baik, kejujuran dan ketulusan, serta integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Bila citra baik sudah didapat, maka diharapkan akan mampu bersama-sama membangun negeri.

Visi Bank Nagari yakni “Menjadi Bank Pembangunan Daerah Terkemuka dan Terpercaya di Indonesia”, dengan misi : 1). Memberikan Kontribusi dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat. 2). Memenuhi dan Menjaga Kepentingan Stakeholders secara Konsisten dan Seimbang.

Dengan visi dan misi tersebut, maka Bank Nagari memiliki tekad untuk memajukan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat. Bank Nagari memiliki tiga nilai inti yang harus dimiliki oleh seluruh individu dalam Bank Nagari. Tiga nilai itu adalah komitmen, integritas, dan loyalitas.

Masyarakat Sumatera Barat dapat menjadikan Bank Nagari sebagai tempat penyimpanan uang, sekaligus kita dapat memajukan perekonomian daerah kita. Karena Bank Nagari mempunyai berbagai jenis tabungan yang diberikan kepada nasabah sebagai salah satu bentuk pelayanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Jenis-jenis tabungan itu diantaranya : 1). Tabungan Simpeda, merupakan salah satu jenis tabungan Bank Nagari yang bekerja sama dengan Bank Pembangunan Daerah di seluruh Indonesia. 2). Tabungan Tabanas, merupakan salah satu jenis tabungan Bank Nagari yang diperuntukkan bagi seluruh lapisan masyarakat. 3). Tabungan Sikoci, merupakan jenis tabungan yang memberikan asuransi jiwa kepada nasabahnya. 4). Tabungan Haji TAHARI Mabrur, meruapakn jenis tabungan Bank Nagari yang dapat membantu rencana keberangkatan untuk menunaikan Ibadah Haji dan Umroh.

Pelayanan yang diberikan oleh Bank Nagari dapat dijadikan pedoman oleh masyarakat untuk dapat menabung di Bank Nagari. Dengan lima sikap dan perilaku budaya kerja yang dimiliki oleh seluruh jajaran bank Nagari, maka Bank Nagari menunjukkan bahwa kepuasan nasabah adalah prioritas utama yang harus diberikan. Apabila nasabah telah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, maka akan dengan mudah Bank Nagari akan maju menjadi bank yang dapat dipercaya oleh masyarakat Sumatera Barat. Lima sikap dan perilaku kerja tersebut adalah : 1). Bertaqwa, dengan dasar ketaqwaan dari setiap jajaran bank dapat menjaga kehormatan diri dan dapat mengolah Bank Nagari lebih baik. 2). Kebersamaan, setiap jajaran Bank Nagari selalu menjaga kebersamaan dan keharmonisan dalam bekerja dan melayani nasabah. 3). Profesional, dengan sikap profesional dalam setiap tindakan dan selalu mengembangkan diri serta bekerja dengan efisien, efektif, berdisiplin, dan berintegrasi tinggi. 4). Berorientasi bisnis, setiap sikap kegiatan yang berorientasi kepada nasabah selalu memberikan pelayanan terbaik. 5). Loyal, setiap pegawai merasakan bahwa Bank nagari adalah milik mereka dan harus dipelihara dan dikembangkan dengan baik.

Dengan keberadaan Bank Nagari di Sumatera Barat diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat khususnya. Dan masyarakat dapat lebih meningkatkan semangat menabung, karena banyak sekali keuntungan yang didapatkan melalui menabung di Bank Nagari. Selain itu, secara tidak langsung kita dapat membangun negeri sendiri.

Dengan semakin berkembangnya zaman, diharapkan masyarakat Sumatera Barat dapat menyadari bahwa kebiasaan menabung itu sangat penting. Karena, melalui menabung kita dapat mengatur keadaan keuangan, sehingga tidak menimbulkan pemborosan. Dan melalui Bank Nagari di Sumatera Barat, kita dapat memanfaatkan bank daerah kita ini, sehingga dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat. Disamping itu, dengan menabung di Bank Nagari dapat memajukan pembangunan Sumatera Barat sehingga dapat berjalan lancar dan baik.

Melalui kepercayaan yang diberikan masyarakat Sumatera Barat kepada Bank Nagari, maka Bank Nagari akan mampu dan siap untuk terus memperluas jaringannya dan ikut berperan dalam meningkatkan tingkat kesejahteraan rakyat dalam usaha menudukung pertumbuhan perekonomian nasional. Dengan demikian, Sumatera Barat akan mampu untuk menjadi propinsi yang sejahtera dengan tingkat perekonomian yang baik.

1 komentar: